-->

Contoh Laporan Perencaan Geometrik Jalan Raya - Alinyemen Horizontal


                                                            BAB IV
PERENCANAAN ALINYEMEN HORIZONTAL

            Direncanakan geometrik jalan raya untuk pembuatan jalan baru (kolekto) dengan data karakteristik sebagai berikut:
  • Jalan 2 lajur 2 arah tanpa median (2/2UD)
  • Kecepatan Rencana                                                     : 60 km/jam
  • Lebar perkerasan                                                          : 2 x 3,75 m
  • Lebar Bahu jalan                                                          : 2 x 1,5 m  
  • Miring Melintang Jalan (Transversal)                          : 2 %
  • Miring Melintang Bahu  Jalan                                     : 4 %              
  • Miring memanjang jalan (longitudinal) maksimal        : 10 %
  • Kemiringan Talud                                                        : 1 : 2


            Berdasarkan perhitungan pada Bab III, pada trase jalan yang direncanakan terdapat tiga tikungan horizontal yaitu :
1.      Lengkung horizontal PI1 , = 60°
2.      Lengkung horizontal PI2 , = 70°
3.      Lengkung horizontal PI3 , = 10°

Untuk mencari lengkung horizontal pada masing-masing tikungan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
  • emaks (superelevasi maksimum) = 10% = 0,10
  • fmaks (koefisien gesekan melintang), dan
  • Rmin (jari-jari minimum)

  • Menurut Sukirman (1999), untuk kecepatan rencana < 80 km/jam, berlaku:
fmaks      = -0,00065v + 0,192     
            = -0,00065(60) + 0,192
            = 0,153
  • Menurut Sukirman(1999), besarnya jari-jari minimum ditentukan dengan rumus:
Rmin      =

4.1  Perencanaan Tikungan
4.1.1    Lengkung Horizontal PI1
        = 60 o
V         = 60 Km/Jam
emaks       = 10%
karena < 20°, maka tikungan yang digunakan adalah jenis lengkung busur lingkaran dengan lengkung peralihan (Spiral – Lingkaran – Spiral)
Direncanakan jari-jari Rc = 130 m
Melalui tabel 4.7 Sukirman (1999) diperoleh: e = 0,098 dan Ls = 60 m

v  Besar Sudut Spiral
v  Besar pusat busur lingkaran
     = 60o  (2)
     = 33,544°

v  Panjang lengkung circle
m

 L  = Lc + 2 Ls
     = 75,925+ (2  60)
     = 195,925 m

                            
   = 1,105 m

   =
   = 30,041 m

Xs  =  Ls x
      =
      = 40,86 m

      =
     = 4,615 m

Ts = ( Rc + p) tg ½+ k
     = (130+ 1,173) tg 30 + 29,946
     = 105,632 m

Es = (Rc + p) sec ½  - Rc
     = (130 + 1,173) sec 30 130
     = 21,373 m

Kontrol :
L< 2 Ts
195,925 m  < (2  121,335) m
195,925 m  < 211,264 m ……………………(OK)

Data lengkung untuk lengkung busur lingkaran sederhana adalah :
V=    60 km/jam                                      L = 195,925 m
=    60 o                                                                e = 0,098
 =                                          Ls’ = 60 m
Rc = 130 m                                            Lc  = 75,925 m
Es = 21,373 m                                       p     = 1,105 m
Ts = 105,632 m                                     k     = 29,946 m

Dari variabel-variabel tersebut, dapat digambarkan lengkung PI1, secara grafis seperti Gambar 4.4 dan Diagram Superelevasi untuk SCS (PI1) Gambar 4.5 dibawah ini:


Landai relatif = [(0,02 + 0,098) x 3,75] / 60 = 0,007375
4.1.2    Lengkung Horizontal PI2
        = 70 o
V         = 60 Km/Jam
emaks       = 10%
karena < 20°, maka tikungan yang digunakan adalah jenis lengkung busur lingkaran dengan lengkung peralihan (Spiral – Lingkaran – Spiral)
Direncanakan jari-jari Rc = 179 m
Melalui tabel 4.7 Sukirman (1999) diperoleh: e = 0,086 dan Ls = 50 m

v  Besar Sudut Spiral
v  Besar pusat busur lingkaran
     = 70o  (2)
     = 54°
v  Panjang lengkung circle
m

 L  = Lc + 2 Ls
     = 168,618+ (2  50)
     = 268,618 m

                        
   = 0,537 m

   =
   = 7,661 m
Xs  =  Ls x
      =
      = 45,15 m

      =
     = 2,327 m

Ts = ( Rc + p) tg ½+ k
     = (179+ 0,588) tg 35 + 24,983
     = 150,694 m

Es = (Rc + p) sec ½  - Rc
     = (179 + 0,588) sec 35 179
     = 40,097 m

Kontrol :
L< 2 Ts
268,618 m  < (2  150,694) m
268,618 m  < 301,388 m ……………………(OK)

Data lengkung untuk lengkung busur lingkaran sederhana adalah :
V=    60 km/jam                                      L = 268,618 m
=    70 o                                                                e = 0,086
 = 8 o                                                  Ls’ = 50 m
Rc = 179 m                                            Lc  = 168,618 m
Es = 40,097 m                                       p     = 0,537 m
Ts = 150,694 m                                     k     = 24,983 m

Dari variabel-variabel tersebut, dapat digambarkan lengkung PI2, secara grafis seperti Gambar 4.4 dan Diagram Superelevasi untuk SCS (PI2) Gambar 4.5 dibawah ini:












Landai relatif = [(0,02 + 0,086) x 3,75] / 50 = 0,00795

4.1.3   Lengkung Horizontal PI3
           = 10°
V            = 60 km/jam
emaks          = 10 %
Karena < 20°,
maka tikungan yang digunakan adalah jenis full circle (F-C).
Direncanakan jari-jari Rc = 716 m
Melalui tabel 4.7 Sukirman (1999), diperoleh: e = 0,029 dan Ls = 50 m
        TC   =  
               =  
         = 62,292 m


              EC    =
                     =  
                     = 2,678 m

              LC  = 0,01745 x  x RC
                    = 0,01745 x 10° x 716
                     = 124,942 m

Data lengkung untuk lengkung busur lingkaran sederhana adalah :
Vr        = 60 km/jam
         = 10 o
RC          = 716 m
TC        = 62,292 m
EC        = 2,678 m
LC        = 124,942 m
e          = 2,9 %
en         = 2 %
Ls’       = 50 m
Dari variabel-variabel tersebut, dapat digambarkan lengkung PI2, secara grafis seperti Gambar 4.1 dan Diagram Superelevasi untuk full circle (PI2) Gambar 4.2 dibawah ini:












                   x  = 1,675 %

Landai relatif = [(0,02 + 0,029) x 3,75] / 50 = 0,003675









Tabel 4.1 Data Geometrik untuk Perencanaan Lengkung Horizontal
No.
Lengkung (PI1)
Lengkung (PI2)
Lengkung (PI3)
Titik STA
388,062 m
973,553 m
1405,076 m
X
3376
3788
4182
Y
1104
1520
1344
 
60 o
70o
10 o
VR
60 km/jam
60 km/jam
60 km/jam
RC
130 m
179 m
716 m
LS
60 m
50 m
-
θ S
13,228
8
-
θ C
33,544
54
-
TS
105,632 m
150,694 m
-
TC
-
-
62,292 m
ES
21,373 m
40,097 m
-
EC
 -
-
2,678 m
LC
75,925 m
168,618 m
124,942 m
L
195,925 m
268,618 m
-
E
0,098
0,086
0,029
Jenis lengkung
S-C-S
S-C-S
F-C

4.2    Perhitungan Stasioning Horizontal
Dalam menghitung panjang horizontal, perlu dibuat piel-piel stasiun sehingga dengan panjang tikungan yang telah dihitung akan didapatkan panjang horizontal jalan.

1. Lengkung Horizontal PI1 (S–C–S)                
Dari perhitungan   lengkung horizontal PI diperoleh:
STA D = 0+000
STA PI1= STA R + (d(D-PI1)
                = (0+000) + 388,062             
 =  388,062 m atau 0 + 388,062
STA TS1 = STA PI1 TS1 = 388,062  – 105,632                     
 = 282,430 m atau 0 + 282,430

STA SC1 = STA TS1 + Ls = 282,430 + 60
                = 342,430 m atau 0 + 342,430
STA CS1 = STA SC1 + Lc  =  342,430 + 75,925                      
 = 418,355  m atau 0 +  418,355  
STA ST1 = STA CS1 + Ls = 418,355 + 60                               
                = 478,355  m atau 0 + 478,355  

2. Lengkung Horizontal PI2 (S–C-S)
Dari perhitungan lengkung horizontal PI2 diperoleh:
STA PI1 = 0  + 388,062
STA PI2  = STA PI1 + (d(PI1-PI2)
                = (0 + 388,062 ) + 585,491               
 =  973,553 m atau 0 + 973,553
STA TS2 = STA PI2 TS2  = 973,553 150,694                     
 = 822,859 m atau 0 + 882,859
STA SC2 = STA TS2 + Ls = 882,859  + 50
                =  872,859 m atau 0 + 872,859
STA CS2 = STA SC2 + Lc = 872,859 + 168,618                      
 = 1041,477  m atau 1 + 041,477  
STA ST2 = STA CS2 + Ls = 1041,477   + 50                           
                = 1091,477 m atau 1 + 091,477
     
3. Lengkung Horizontal PI3 (F–C)                
Dari perhitungan   lengkung horizontal PI3 diperoleh:
STA PI2  = 0+973,553
STA PI3 = STA PI2+( d(PI2-PI3)) =  973,553 + 431,523
                = 1405,076 m atau 1 + 405,076
STA TC3  = STA PI    Tc = 1405,076 + 124,942       
                = 1530,018 m atau 1 + 530,018
STA CT2 = STA TC3 + Lc3   =1530,018  - 62,292
=  1467,726 m atau 1 + 467,726
         STA G    = STA ST3     Tc3 + d(PI3-G) 
= 1467,72662,292 + 261,266
= 1666,700 m atau 1+666,700

Dari semua perhitungan stasioning horizontal dimuat di dalam tabel seperti Tabel 4.2 di bawah ini:
Nomor Jalan (STA)
Panjang Horizontal Jalan
STA E
0+000
STA PI
0+388,062
STA TS
0+282,430
STA SC
0+342,430
STA CS
0+418,355
STA ST
0+478,355
STA PI
0+973,553
STA TS
0+822,859
STA SC
0+872,859
STA CS
1+041,477
STA ST
1+091,477
STA PI
1 +405,076
STA TC
1 +530,018
STA CT
1+467,726
STA 5
1+666,700


4.3     Jarak pandangan

4.3.1    Jarak Pandangan Henti
Menurut Sukirman (1999) dalam buku DPGJ hal 52, jarak pandangan henti untuk jalan tanpa kelandaian atau jalan lurus dapat dihitung sebagai berikut :
d= kecepatan  waktu
d= V  t
d= 0,278  V  t



Untuk perencanaan jarak pandang diambil kecepatan rencana 60 km/jam dengan waktu reakst 2,5 detik, maka :
d = 0,278  V  t
d = 0,278  60  2,5
d = 41,700 meter

jarak mengerem :
d=
Dari tabel 3.2 Sukirman (1999) hal 54, fm untuk kecepatan rencana 60 km/jam = 0,330, maka:
d=
d= 42,949  meter

jarak pandangan henti minimum untuk jalan lurus dengan kecepatan 60 km/jam adalah:
d = d+ d
d = 41,700 + 42,949
d = 84,649 meter

4.3.2    Pengaruh Kelandaian Terhadap Jarak Pandang Henti Minimum
Sukirman (1999) merumuskan:
G  fm  d G  L  d= 1/2
d = 0,278  V  t  +






v  Perhitungan jarak pandangan henti minimum untuk jalan T ke TS1 dengan kelandaian ( - ) 0,92 %.
d = 0,278  V  t  +
d = 0,278  60  2,5  +
d = 82,88 meter


v  Perhitungan jarak pandangan henti minimum untuk jalan ST1 ke TC2 dengan kelandaian (+) 0,35 %.
d = 0,278  V  t  +
d = 0,278  60  2,5  +
d = 84,20 meter

v  Perhitungan jarak pandangan henti minimum untuk jalan CT2 ke TS3 dengan kelandaian 14 %.
d = 0,278  V  t  +
d = 0,278  60  2,5  +
d = 71,82 meter


v  Perhitungan jarak pandangan henti minimum untuk jalan ST3 ke R dengan kelandaian (+) 12,5 %.
d = 0,278  V  t  +
d = 0,278  60  2,5  +
d = 72,83 meter




4.3.3    Jarak pandangan menyiap untuk jalan 2 lajur 2 arah
Menurut Sukirman (1999) dalam buku DPGJ hal 60, jarak pandang menyiap standar dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
d = d+ d+ d+ d
dimana; 
d = 0,278  t 

d = jarak yang ditempuh kendaraan yang hendak menyiap selama waktu reaksi dan waktu membawa kendaraanya yang hendak membelok ke lajur kanan.
  t= waktu reaksi yang besarnya tergantung dari kecepatan yang dapat ditentukan dengan korelasi  t= 2,12 + 0,026V
 m = perbedaan kecepatan antara kendaraan yang menyiap dan yang disiap = 15 km/jam
 V = kecepatan rata-rata kendaraan yang menyiap, dalam perhitungan dapat dianggap sama dengan kecepatan rencana, km/jam
 a = percepatan rata-rata besarnya tergantung dari kecepatan rata-rata kendaraan yang menyiap yang dapat ditentukan dengan  mempergunakan korelasi a = 2,052 + 0,0036V 

 d= 0,278  V t

dimana:
d= jarak yang ditempuh selama kendaraan yang menyiap berada pada lajur kanan
t=  waktu dimana kendaa yang menyiap berada pada lajur kanan yang dapat ditentukan dengan mempergunakan korelasi  t =  6,56 + 0,048V
d=  diambil 30 – 100 meter
d=  d
sehingga,
  • d = 0,278  t  

t= 2,12 + 0,026  V 
t= 2,12 + 0,026  60
t= 3,680 detik
a = 2,052 + 0,0036  V
a = 2,052 + 0,0036  60
a = 2,268 detik

d = 0,278  3,680  
d = 41,768 meter

  • d= 0,278  V t

t =  6,56 + 0,048  V
t =  6,56 + 0,048  60
t =  9,440 detik

d=  0,278  60  9,440
d=  157,459 meter

  • d= 30 – 100 meter
d= 65 meter

  • d=  d
d=  157,459
d= 104,973 meter

maka jarak pandang menyiap adalah:
d = d+ d+ d+ d
d = 41,768 + 157,459 + 65 + 104,973
d = 369,200 meter

jarak pandang minimum dapat dihitung dengan menggunakan rumus:
d minimum = d+ d+ d
d minimum = 104,973 + 65 + 104,973
d minimum = 274,946 meter

4.3.4    Jarak Pandangan pada Lengkung Horizontal

4.3.4.1 Lengkung Horizontal PI1
a)      Radius sebelah dalam (R’)
R’    = Rc - 1/2  lebar (bagian tepi dalam) + 1/2  b
        =  130 - 1/2  3,75 +1/2  2,5
        =  130 - 1,875 + 1,25
        = 129,375 meter

f     = ½ x sudut pusat lengkung sepanjang L
        = ½ x 60°
        = 30°

b)     Jarak pandangan pada lengkung horizontal (S)
meter




4.3.4.2 Lengkung Horizontal PI2
a)        Radius sebelah dalam (R’)
R’    = Rc - 1/2  lebar (bagian tepi dalam) + 1/2  b
        = 179 - 1/2  3,75 +1/2  2,5
        = 179 - 1,875 + 1,25
        = 178,375 meter

f     = ½ x sudut pusat lengkung sepanjang L
        = ½ x 70°
        = 35°


b)       Jarak pandangan pada lengkung horizontal (S)
 meter

4.3.4.3 Lengkung Horizontal PI3
a)        Radius sebelah dalam (R’)
R’    = Rc - 1/2  lebar (bagian tepi dalam) + 1/2  b
        =  716 - 1/2  3,75 +1/2  2,5
        =  716 - 1,875 + 1,25
        = 715,375 meter

f     = ½ x sudut pusat lengkung sepanjang L
        = ½ x 10°
        = 5°



b)       Jarak pandangan pada lengkung horizontal (S)
 meter

4.4     Pelebaran Perkerasan Pada Lengkung Horizontal

4.4.1  Lengkung Horizontal PI1

Data:    V  = 60 km/jam (kecepatan rencana)
            R  = 130 meter (jari-jari tikungan)
            bn = 2 x 3,75 meter (lebar perkerasan)
            b   = 2,5 meter (lebar kendaraan rencana)
            Radius lengkung untuk lintasan luar roda depan (Rc)
Rc = Radius lajur sebelah dalam – 1/2 lebar perkerasan + 1/2 b
Rc = 130 – 1/2 (3,75) + 1/2 (2,5)
Rc = 129,375 meter

Lebar perkerasan yang ditempati satu kendaraan di tikungan pada lajur sebelah dalam :
B =
B =
B =  0,245 meter

Off tracking :
U =  B – b
    =  0,245 – 2,5
    =  -2,255 m
           
            Lebar hambatan akibat kesukaran mengemudi di tikungan :
z  =
z  =
z  = 0,552 meter

Lebar total perkerasan di tikungan :
C = 1,25 meter (kebebasan samping)
meter

Tambahan lebar perkerasan pada tikungan :
 meter

4.4.2  Lengkung Horizontal PI2

Data:    V  = 70 km/jam (kecepatan rencana)
            R  = 179 meter (jari-jari tikungan)
            bn = 2 x 3,75 meter (lebar perkerasan)
            b   = 2,5 meter (lebar kendaraan rencana)

            Radius lengkung untuk lintasan luar roda depan (Rc)
Rc = Radius lajur sebelah dalam – 1/2 lebar perkerasan + 1/2 b
Rc = 179 – 1/2 (3,75) + 1/2 (2,5)
Rc = 178,375 meter

Lebar perkerasan yang ditempati satu kendaraan di tikungan pada lajur sebelah dalam :
B =
B =
B =  0,178 meter

Off tracking :
U =  B – b
    =  0,178 – 2,5
    =  -2,322 m
           
            Lebar hambatan akibat kesukaran mengemudi di tikungan :
z  =
z  =
z  = 0,549 meter

Lebar total perkerasan di tikungan :
C = 1,25 meter (kebebasan samping)
meter

Tambahan lebar perkerasan pada tikungan :
meter

4.4.3  Lengkung Horizontal PI3

Data:    V  = 10 km/jam (kecepatan rencana)
            R  = 409 meter (jari-jari tikungan)
            bn = 2 x 3,75 meter (lebar perkerasan)
            b   = 2,5 meter (lebar kendaraan rencana)

            Radius lengkung untuk lintasan luar roda depan (Rc)
Rc = Radius lajur sebelah dalam – 1/2 lebar perkerasan + 1/2 b
Rc = 716 – 1/2 (3,75) + 1/2 (2,5)
Rc = 715,375 meter

Lebar perkerasan yang ditempati satu kendaraan di tikungan pada lajur sebelah dalam :
B =
B =
B =  0,044 meter

Off tracking :
U =  B – b
    =  0,044 – 2,5
    =  -2,456 m
           
            Lebar hambatan akibat kesukaran mengemudi di tikungan :
z  =
z  =
z  = 0,039 meter

Lebar total perkerasan di tikungan :
C = 1,25 meter (kebebasan samping)
meter

Tambahan lebar perkerasan pada tikungan :
meter

BERIKAN KOMENTAR ()